2013/07/05

Tips Usir Komedo dari Wajah


Komedo adalah pori-pori yang tersumbat,bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan Komedo yang tertutup memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Hal ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Bila dibiarkan, komedo akan membuat wajah terlihat kusam.


Banyak faktor yang menyebabkan komedo, antara lain usia, cara perawatan kulit, hormon, dan genetik. Jika beberapa produk penghilang komedo instan yang ada di pasaran tidak mampu menghilangkan komedo dengan sempurna, jangan sekali-kali menekan atau mencongkel komedo karena akan membuat kulit Anda meradang, infeksi, dan menyebabkan timbulnya jaringan parut pada kulit. Masih ada alternatif lain yang mungkin bisa membantu untuk mengatasinya , yaitu dengan menggunakan:


1. Baking soda
"Pengelupasan kulit mati merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi timbulnya komedo," ujar Dr Alicia Zalka, dermatologis klinik Surface Deep di Connecticut, Amerika. Untuk hasil lebih efektif, gunakan saja baking soda. Baking soda merupakan bahan aktif yang biasa digunakan dalam teknik mikrodermabrasi untuk mengelupaskan kulit. Jika digunakan secara teratur, baking soda bisa membantu untuk meminimalisasi komedo.


Caranya, campur baking soda dengan air dan aduk sampai terbentuk pasta. Gosokkan dengan lembut di wajah, kemudian diamkan sampai mengering dan bilas. 

2. Masker tanah liat


Dr Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology mengungkapkan bahwa kandungan kaolin yang ada di dalam masker tanah liat ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah komedo. Selain itu, tanah liat yang punya daya serap tinggi akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.




3. "Pore strips"

Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan plester pengangkat komedo yang ada di pasaran. "Plester komedo ini memang bisa membantu mengangkat komedo dan memperbaiki struktur pori. Namun komedo akan tetap datang kembali kecuali Anda merawat kulit dengan tepat dan rutin membersihkan muka untuk mencegahnya datang kembali," saran Zalka.






4. Lidah Buaya
Lidah buaya memang memiliki kegunaan yang bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk menghilangkan komedo.

Caranya oleskan lidah buaya pada bagian wajah yang berkomedo (bisa dengan cara membuat jus atau mengoleskannya langsung). Lidah buaya bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan kulit yang mengalami peradangan akibat komedo menjadi lebih cepat.

5. Kulit Jeruk
Kulit jeruk mengandung zat yang dapat membantu menyerap minyak dan membersihkan permukaan pori sehingga akan mencegah terbentuknya komedo.


Caranya adalah dengan campuran kulit dasar jeruk dengan air secukupnya, aplikasikan pada daerah yang terinfeksi dan biarkan selama semalam.

Banyak cara dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo. Mulai dari perawatan wajah yang mahal hingga perawatan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai. Namun semua butuh proses, sehingga butuh waktu untuk hasil yang benar-benar sempurna. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cute Pink Bow Tie Pointer