2013/07/03

Kulit Sehat Selama Puasa

Selama berpuasa, kita tidak mengkonsumsi cairan selama 12 jam lebih. Padahal cairan sangat diperlukan tubuh, karena bila kita kekurangan cairan (dehidrasi) akan menyebabkan tidak normalnya pencernaan, sakit pinggang, kekentalan darah, dan yang sangat berpengaruh yaitu kebutuhan kulit. Apabila mengalami dehidrasi, kulit kita menjadi kasar, kusam bahkan dapat menimbulkan pecah-pecah. Berikut tips untuk merawat kulit selama puasa agar tetap sehat dan terawat:

1. Setelah mandi, oleskan pelembab kulit (body lotion) 

Jaga kelembaban kulit selama puasaPelembab mampu mempertahankan kulit tetap segar dan lembab. Body lotion menahan air yang ada di kulit sehabis mandi, air tidak mudah menguap atau hilang sehingga membantu mempertahankan kelembapan kulit. Untuk menjaga kekeringan pada kulit selama menjalankan ibadah puasa, biasakan mengoleskan sesering mungkin body lotion pada kulit.





2. Gunakan air dingin untuk mandi

Mandi dengan air panas dapat mengakibatkan hilangnya lemak pada lapisan epidermis kulit. Sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Karena itu selama menjalankan ibadah puasa, lebih baik mandi menggunakan air dingin.


3. Gunakan sabun seminimal mungkin

Penggunaan sabun berlebih bisa membuat kulit menjadi kering. Sebab selain melepaskan kotoran yang menempel pada kulit, sabun juga akan membuang lemak dan minyak yang menempel di kulit, sekalipun mengandung pH balance hingga non-iritasi. Padahal saat berpuasa keringat akan sedikit berkurang, sehingga penggunaan sabun haarus dikurangi bila dibandingkan dengan hari biasa. Utamakan pada daerah yang berkeringat.


4. Hindari makanan yang “berat” saat berbuka

Ketika berbuka puasa hendaknya jangan makan terlalu banyak, tetapi lakukan secara bertahap dan mulailah mengkonsumsi makanan yang manis-manis seperti kurma, aneka kolak, dan lain-lain. Namun juga jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Kurang lebih satu jam kemudian, lengkapi dengan makanan yang mengadung karbo, protein, vitamin dan mineral untuk mengisi kebutuhan vitamin dalam tubuh yang berkurang selama berpuasa.
5. Atur menu makan sahur dan berbuka

Konsumsi makanan bergizi dengan mengatur sedikit karbo kompleks, perbanyak protein, vitamin dan mineral. Apabila memungkinkan konsumsi susu.

6. Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur


Agar terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan untuk menjaga kebugaran, kesehatan, kesegaran tubuh, serta kecantikan kulit selama berpuasa, perbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa, paling sedikit 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air. Pasalnya, air putih sangat mudah dan cepat diserap oleh tubuh. Selain itu, makanlah makanan yang mengandung air, seperti sayuran dan buah-buahan segar.




Jika tips di atas sudah dilakukan, selama berpuasa pun kulit kita tetap sehat dan terawat tanpa khawatir kulit kering dan kusam. Semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cute Pink Bow Tie Pointer